Serang-Pembahasan Pembentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulangan Bencana lintas sektor, Pembentukan TRC lintas sektor tersebut untuk memudahkan Penanggulangan Bencana agar lebih Cepat, Tepat dan Efektif. Senin (13/03/2023)

Plt Kepala Bidang Rekontruksi dan Rehabilitasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten, Riki Handriana mengatakan pembentukan Tim TRC penanggulangan bencana Provinsi Banten itu melibatkan lintas sektor dengan melibatkan Unsur Pemerintah Daerah Provinsi, Unsur Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, TNI, Polri serta Relawan Kebencanaan.

"Menurutnya jika terjadi bencana dalam suatu wilayah akan berdampak pada banyak aspek. Tidak hanya korban jiwa tapi juga kerusakan lainnya, sehingga perlu lintas sektor dalam penanggulangan bencana. Keterlibatan TRC Lintas Sektor dalam Tim TRC penanggulangan bencana di Provinsi Banten disesuaikan dengan tugas pokok, fungsi dan kewenangan masing-masing. Oleh sebab itu Rencana dibentuk Tim TRC penanggulangan bencana lintas sektor", tegas Riki.