Pusdatin-Apel Kesiapsiagaan dan Simulasi Menghadapi Bencana Hdrometeorologi yang dilaksanakan oleh Kementrian Koordinaor Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia bekerjasama dengan BNPB dan Pemprov DKI Jakarta. Menko PMK “Muhadjir Effendy” bertindak selaku pembina Apel, Rabu (09/11)

“Ini sebagai upaya kolaborasi dan sinergi semua pihak, bencana menjadi urusan bersama, perlu kesadaran kolektif, dibutuhkan koordinasi antarlembaga agar penanganan banjir di Indonesia lebih terintegrasi, Muhadjir Effendy “jelas. Lebih lanjut Menko PMK juga menyampaikan bahwa, pertama pemerintah harus fokus untuk mengurus para pengungsi, kedua para korban yang terjadi, luka-luka termasuk mereka yang mengalami masalah dan kesulitan seperti listrik, air bersih, dan lain-lainya.

Bencana hidrometeorologi bencana yang diakibatkan oleh aktivitas cuaca seperti siklus hidrologi, curah hujan, temperatur, angin dan kelembapan.Bentuk bencana hidrometeorologi berupa kekeringan, banjir, badai, kebakaran hutan, longsor, angin puyuh, gelombang dingin, hingga gelombang panas.

Penyebab bencana hidrometeorologi adalah perubahan iklim dan cuaca ekstrem. Indonesia sering mengalami erubahan cuaca dan iklim secara mendadak dan ekstrem yang berujung pada bencana hidrometeorologi