PEMBENTUKAN DESA TANGGUH BENCANA KELUARAHAN TERUMBU

Sumber Gambar :

SERANG – Badan Penanggulangan Bencana Daeah Provinsi Banten dalam rangka pelaksanaan Program kegiatan Tahun 2018 pada Selasa, 20 Maret 2018 melaksanakan kegiatan Pembentukan Desa/Kelurahan tangguh Bencana di Kelurahan Terumbu Kecamatan Kasemen.

Adapun peserta ± 40 di Keluarahan Terumbu Kec. Kasemen, menyangkut pengertian masyarakat desa/kelurahan tangguh bencana. Disini masyarakat atau komunitas dimaknai sebagai kelompok orang yang hidup dan saling berinteraksi di daerah tertentu, yang dapat memiliki ikatan hukum dan solidaritas yang kuat karena memiliki satu atau dua kesamaan tujuan, lokalitas atau kebutuhan bersama; misalnya, tinggal di lingkungan yang sama-sama terpapar pada risiko bahaya yang serupa, atau sama-sama telah terkena bencana, yang pada akhirnya mempunyai kekhawatiran dan harapan yang sama tentang risiko bencana.

Desa/Kelurahan Tangguh Bencana adalah sebuah desa atau kelurahan yang memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana. Kemampuan ini diwujudkan dalam perencanaan pembangunan yang mengandung upaya-upaya pencegahan, kesiapsiagaan, pengurangan risiko bencana dan peningkatan kapasitas untuk pemulihan pascabencana.


Share this Post