BPBD Bentuk DesaTangguh Bencana

Sumber Gambar :

Lebak-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten memberikan sosialisasi dan pembentukan Desa Tahan Bencana (Destana) di Desa Bayah Barat, Kecamatan Bayah, Kamis(25/8/2022).

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Banten Ayub Andi Saputra mengatakan kegiatan ini  bertujuan untuk membentuk Destana yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan mampu menghadapi potensi ancaman yang ada di Desa Bayah Barat Kecamatan Bayah-Kabupaten Lebak.

“Jika ada bencana, relawan desa yang akan bergerak lebih awal untuk membantu menangani bencana. Oleh karena itu, mereka diberikan materi tentang kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Kebetulan di Desa Bayah Barat ada potensi longsor, banjir bandang, Banjir dan puting beliung,” ujarnya.

Menurut Ayub, setelah berdirinya Destana diharapkan mampu terus meningkatkan SDM sebagai relawan. Karena ini baru tahap sosialisasi, kebencanaan diperkenalkan, kemudian dibentuk dan setelah itu peningkatan sumber daya manusia.

“Tugas utama para relawan di Desa Tangguh Bencana ini adalah membantu masyarakat dalam keadaan darurat bencana. Intinya relawan desa adalah yang bergerak lebih awal dalam menangani bencana. Setelah terbentuk, diharapkan desa dapat meningkatkan kapasitas yang ada melalui APBDesa,” jelasnya.


Share this Post