Bencana Perlu Dibangun Oleh Semua Pihak

Sumber Gambar :

Serang-Bencana di Provinsi Banten dalam 5 tahun terakhir cenderung meningkat. Kondisi tersebut tidak terlepas dari berbagai faktor, seperti geologi, hidrometeorologi, maupun faktor non alam, termasuk ulah manusia. Bencana dalam kurun waktu tersebut memberikan dampak luar biasa terhadap kehidupan masyarakat dan jalannya program pembangunan daerah dan nasional.  Dengan kata lain, perlu adanya suatu usaha nyata untuk dapat meningkatkan pengetahuana masyarakat tentang pengetahuan dasar bencana serta meningkatkan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana.Selasa (14/03/2023)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten melaksanakan Kegiatan pelatihan keluarga Tanggap Bencana di Kecamatan Anyer Kabupaten serang, Plt Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Provinsi Banten “Riki Handriana” mengatakan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas Keluarga dalam menghadapi bencana melalui peningkatan pengetahuan masyarakat tentang bencana, respon terhadap bencana serta kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana yang ada di sekitar mereka. apa yang dimaksud dengan masyarakat tangguh bencana Jika bencana terjadi, masyarakat mempunyai kemampuan melakukan penanganan, dari tanggap darurat hingga pemulihan. Inilah yang disebut masyarakat tangguh bencana.

Lanjur Riki “bencana perlu dibangun oleh semua pihak mulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga. Perlu kita sadari upaya penanggulangan bencana bukanlah kerja sendiri, melainkan tanggung jawab kita bersama. Maka dari itu upaya-upaya pengurangan risiko bencana haruslah menjadi urusan semua pihak baik dari unsur pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi, media massa atau yang biasa kita sebut sebagai unsur pentahelix bencana”. 


Share this Post