KEGIATAN SOSIALISASI KAJIAN RISIKO BENCANA

Sumber Gambar :

SERANG - Bidang Pencegahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Banten mengadakan kegiatan Sosialisasi Kajian Risiko Bencana, dan mengundang Dinas terkait yang berada di wilayah Kota Cilegon dalam kegiatan tersebut. Kepala Pelaksana  BPBD Provinsi Banten Nana Suryana membuka kegiatan sekaligus memberikan materi dalam kegiatan tersebut. pada  Selasa (12/04/2022)

"Lanjut Nana" Penguatan mitigasi dan kesiapsiagaan bencana harus tetap dijadikan prioritas sebagaimana komitmen Penanganan bencana ini menjadi isu Nasional, itu masuk dalam isu strategi walapun indeks risiko bencana di Provinsi Banten menurun, tapi kita masih berada di 10 besar resiko potensi bencana, dalam setiap melakukan kajian bencana harus melihat beberapa aspek penyebab terjadi bencana. agar tidak ada korban jiwa bila terjadi bencana. Ada 14 jenis bencana di Provinsi Banten salaha satunya Banjir dengan rata - rata sepuluh kali terjadi setiap tahunya, Klasifikasi tinggi kelas risiko ini hasil dari perhitungan kelas kapasitas terjadinya bencana, dan bagaimana upaya-upaya dan tindakan yang harus di lakukan kelas resiko tinggi bisa di atasi menadi rendah ataupun sedang.

beberapa jenis bencana yang sering terjadi di Provinsi Banten  adalah cuaca ekstrem, gempa bumi, banjir, dan tanah longsor. Keempat jenis bencana tersebut berhubungan erat dengan isu krisis iklim.Oleh karena itu, mitigasi bencana sangat diperlukan.


Share this Post