Kesiapsiagaan Memahami Bahaya Di Sekitar Anda

Sumber Gambar :

Serang-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten melaksanakan kegiatan Sosialisasi, Komunikasi Informasi dan Edukngi (KIE) Bencana Banjir Kabupaten Tangerang pada Kegiatan Pelayanan Informasi Rawan Bencana Provinsi Tahun 2023. di ruang rapat BPBD Provinsi Banten JI. Syech Nawawi Al-Bantani No.7 Kel. Banjar Agung - Kota Serang. Jum’at (14/04/2023)

Asda 1 Provinsi Banten Komarudin mengatakan Upaya penting untuk kesiapsiagaan adalah Memahami bahaya di sekitar Anda. Memahami sistem peringatan dini setempat, mengetahui rute evakuasi dan rencana pengungsian. Memiliki ketrampilan untuk mengetahui situasi secara cepat dan mengambil inisiatif  Tindakan untuk melindungi diri. dan kita harus melakukan  Mitigasi sebagai langkah yang juga dilakukan sebelum bencana terjadi. Contoh kegiatannya antara lain membuat peta wilayah rawan bencana, pembuatan bangunan tahan gempa, penanaman pohon bakau, penghijauan hutan, serta memberikan penyuluhan dan meningkatkan kesadaran masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana.

Harus memahapi apa itu Bencana merupakan gangguan serius terhadap keberfungsian suatu masyarakat yang menyebabkan kerugian meluas pada kehidupan manusia dari segala bidang kehidupan. Menurut Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007, serta manajemen bencana adalah suatu proses dinamis, berlanjut, dan terpadu untuk meningkatkan kualitas langkah-langkah yang berhubungan dengan observasi dan analisis bencana. Adapun urutan siklus manajemen bencana yang benar adalah pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, peringatan dini, penanganan darurat, rehabiltas, dan rekonstruksi bencana “lanjut Komarudin”.


Share this Post