Koordinasi dan Pemangfaatan Sistem Informasi Kebencanaan

Sumber Gambar :

Serang-Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Banten melaksanakan Rapat Koordinasi dan Pemangfaatan Sistem Informasi Kebencanaan di Ruang Rapat BPBD Provinsi Banten. Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Banten membuku langsung rapat tersebut. Pada kesempatan tersebut Kalaksa menyampaikan harapanya bahwa hari ini semoga kita dapat menyelesaikan atau mendapat informasi dan umpan balik, agar tercapainya system informasi kebencanaan dalam satu data di Banten. Jum’at ( 23/9/22)

Lanjut Nana dalam pengelolaan data dan system informasi kebencanaan telah ditetapkan 2 strategi, yaitu menetapkan kebijakan dalam pengumpulan data kebencanaan dan menentukan/memilah kejadian bencanaan. Kemudian sebelumnya juga membahas mengenai menentukan siapa yang merespon kejadian bencana.

Komimfo Provinsi Banten sedang membangun Sistem Data Informasi Kebencanaan yang dimana termasuk dalam 8 (delapan) pembangunan aplikasi salah satunya BPBD dimana dalam pembangunanan aplikasi untuk BPBD sudah mencapai 80% semoga setelah aplikasi selsesai dikerjakan nati bisa dimangfaatkan dengan baik.

Sistem informasi kebencanaan adalah sebuah sistem yang dapat memberikan informasi terkait wilayah rawan bencana, informasi tanggap darurat, informasi bantuan, dan informasi korban bencana. Saat ini sistem akan di kembangkan hanya pada modul Wilayah rawan bencana dan informasi tanggap darurat.


Share this Post