Membangun Desa Tanguh Bencana

Sumber Gambar :

Pandeglang-Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Banten melaksanakan sosialisasi Desa Tangguh Bencana (DESTANA) pada 24 Agustus 2022 yang bertempat di Desa Margagiri Kec. Pagelaran Kab. Pandeglang Provinsi Banten. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa, Aparatur Desa dan masyarakat Desa Margagiri.

Kepala Pelaksana BPBD Banten “Nana Suryana” mengatakan dalam sambutanya Sosialisai ini bertujuan untuk memberi informasi kepada masyarakat tentang Program pemerintah yaitu Desa Tangguh Bencana (DESTANA) dimana program ini merupakan program BPBD Provinsi Banten dalam Upaya Mitigasi bencana atau upaya untuk mengurangi risiko bencana dan salah satu perwujudan dari tanggung jawab pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana.

Kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sumber daya dalam rangka mengurangi risiko bencana dan dapat meningkatkan kapasitas kelembagaan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya serta pemeliharaan kearifan lokal bagi pengurangan risiko bencana, diharapkan juga kedepannya dapat meningkatkan kapasitas pemerintah dalam memberikan dukungan sumber daya dan teknis bagi pengurangan risiko bencana, meningkatkan kerjasama antara para pemangku kepentingan dalam PRB diantaraya, pihak pemerintah daerah, sektor swasta, perguruan tinggi, LSM, organisasi masyarakat, dan kelompok-kelompok Relawan.


Share this Post