PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS PENYEDIAAN, LAYANAN DASAR DATA & INFORMASI KEBENCANAAN

Sumber Gambar :

Tanggal 29 Oktober 2019 

PUSDALOPS BPBD Prov. Banten mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas penyediaan, layanan dasar data & infromasi kebencanaan yang berlokasi di lapangan, Kp Dungus Balang Ds Tunggal Jaya. kegiatan ini dihadiri oleh 55 peserta dari unsur Relawan kebencanaan BPBD Prov. Banten.

Beberapa pejabat BPBD Prov. Banten yang menjadi narasumber juga turut hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya Kalak BPBD Prov. Banten sebagai narasumber, Kabid Kedaruratan & Logistik sebagai narasumber, Kasi Pencegahan sebagai narasumber dengan pembahasan :

-          Pembukaan sekaligus Materi Sistem Penanggulangan Bencana

-          Layanan Data dan Informasi

-          Teori Pencarian dan Pertolongan

-          Pengoprasian Mobil Komunikasi

 

Permasalahan

Bencana seringkali dating tidak terduga, sehingga Pemerintah maupun pihak lain yang terkait dengan penanganan bencana sering kali kurang sigap menghadapi keadaan tersebut. Hal ini disebabkan salah satunya karena terbatasnya kemampuan personil dalam penyampaian Data & Informasi Kebencanaan.

Maksut dan Tujuan dari kegiatan tersebut antara lain :

-          Peningkatan Pemahaman mengenai penyediaan layanan dasar dan informasi.

-          Terselenggaranya informasi Kebencanaan secara cepat dan tepat pada daerah potensi rawan bencana, sedang terjadi bencana, dan daerah potensi rawan bencana, sedang terjadi bencana, dan daerah pasca bencana melalui radio komunikasi dan media lainya.

-          Sinegritas dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan dan menyampaikan termasuk memahami informasi yang diberikan sebagai acuan pengambilan keputusan dan proses pengendalian operasi penanggulangan bencana

-          Terciptanya Penyampaian Laporan data dan informasi kebencanaan secara cepat antara BNPB , BPBD Provinsi/Kabupaten/Kota, serta pihak terkait melalui radio komunikasi dan media lainnya.

-          Sebagai penunjang pelaksanaan program/kegiatan dan tugas pokok dan fungsi Pusdalops-PB BPBD Prov. Banten untuk peningkatan capaian kinerja dan pelayanan teknis Penanggulangan bencana di wilayah Provinsi Banten.


Share this Post