PEMBENTUKAN DESA / KELURAHAN TANGGUH BENCANA

Sumber Gambar :

Tanggal 14 November 2019

BPBD Prov. Banten pada bidang pencegahan mengadakan kegiatan Pembentukan Desa/Kelurahan Tangguh Bencana  yang di selenggarakan di Kota Tangsel Kelurahan Pondok Jagung Kecamatan Serpong  Kota Tangsel. Dengan mengundang peserta dari unsur Relawan kebencanaan dan masyarakat setempat yang berjumlah 43 orang.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh para pejabat BPBD Prov. Banten dan pejabat BPBD Kota Cilegon sebagai narasumber, diantaranya Kalak BPBD Prov. Banten, Kabid Pencegahan dan Kesiapsigaan, Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan Kota Tangsel, Kasi Pencegahan, Camat sebagai steak holder, Lurah sebagai steak holder agar memudahkan untuk membentuk Desa/Keluarahan Tangguh Bencana.

Kegiatan ini diselenggarakan agar pemerintah,  terutama di tingkat Kota dan Kabupaten, dapat melaksanakan program pengembangan Desa/Kelurahan Tangguh Bencana dan memadukannya sebagai bagian dari rencana pembangunan jangka menengah Kota/Kabupaten, dibutuhkan adanya pedoman umum yang akan menjadi acuan pelaksanaannya.

Maksut dan Tujuan

                Pembentukan Desa/Kelurahan Tangguh Bencana ini memiliki maksud dan tujuan sebagai

berikut :

-          Mengurangi risiko bencana dengan cara mengurangi kerentanan dengan meningkatkan kapasitas individu, rumah tangga, dan komunitas dalam menghadapi dampak merusaknya bencana.

-          Adanya sinergitas program-program antar Lembaga/Dinas/Instansi baik dari unsur masyarakat, pemerintah dan dunia usaha dalam mendukung upaya peningkatan kapasitas Desa Tangguh.


Share this Post