Peta Bencana Sebagai Acuan Dalam Menentukan Kebijakan

Sumber Gambar :

Serang-Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Banten Nana Suryana membuka kegiatan Sosialisasi, Komunikasi Informasi dan Edukngi (KIE) Bencana Banjir Kota Cilegon pada Kegiatan Pelayanan Informasi Rawan Bencana Provinsi Tahun 2023. menjelaskan Dalam Pra Bencana Langkah yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk meminimalisir korban jiwa. Pemerintah dan pihak terkait kebencanaan dapat melakukan sosialisai  dan edukasi tentang penanggulangan bencana kepada masyarakat agar lebih siap dalam menghadapi bencana. Serang (13/04/2023)

Lanjut Nana Serta Menurut UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, mitigasi adalah upaya untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana. Mitigasi merupakan langkah penting yang harus dilakukan karena Indonesia terletak diantara tiga lempeng dunia yaitu Eurasia, Indo-Australia dan Pasifik sehingga beresiko terjadi gempa, tsunami hingga gunung meletus. Bencana juga dapat terjadi karena ulah manusia yang dapat merusak alam. Apakah kita sudah melakukan peringatan dini untuk wilayah rawan bencana banjir Bertujuan untuk memberikan peringatan sesegera mungkin kepada masyarakat tentang kemungkinan terjadinya suatu bencana, peringatan dini bertujuan untuk pengambilan tindakan cepat dan tepat dalam mengurangi resiko bencana, serta persiapan tindakan tanggap darurat.

Strategi  yang dapat dilakukan agar mitigasi bencana dapat terkoordinir dengan baik maka kita harus melakukan Pemetaan dapat dilakukan sebagai acuan dalam menentukan kebijakan untuk antisipasi bencana dan menentukan kerawanan di suatu wilayah, Pemantauan Diperlukan untuk memudahkan dalam memprediksi suatu bencana dan evakuasi saat terjadi bencana serta Penyebaran Informasi Pemerintah Daerah atau lembaga terkait menyebarkan informasi kepada Pemerintah Kabupaten/ Kota serta kepada Masyarakat yang wilayahnya rawan bencana tentang cara penanggulangan bencana melalui media cetak dan elektronik.

 

 


Share this Post