Prestasi Keberhasilan Penanganan Karhutla Harus Dipertahankan di Tahun 2018

Sumber Gambar :

JAMBI - Kepala BNPB Willem Rampangilei menyampaikan prestasi keberhasilan penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) harus dipertahankan di tahun 2018. Reputasi tahun 2016 dan 2017 Indonesia telah berhasil mengendalikan kebakaran hutan dan lahan. 

"Saya harapkan tahun 2018 ini, Kita dapat menjaga reputasi baik ini dengan terus bekerja keras, terus berkoordinasi dan jangan lengah" ucap Willem. Hal ini disampaikan saat arahannya menutup pelatihan penanggulangan bencana alam kebakaran hutan dan lahan gambut di Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi (19/4). 

Pelatihan ini melibatkan berbagai unsur dari masyarakat berlangsung selama 4 (empat) hari, 16-19 April 2018. BNPB selaku pemerintah pusat sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Gubernur, Bupati, TNI, Polri dan jajarannya dalam melakukan pelatihan masyarakat maritim penanggulangan kebakaran hutan dan lahan gambut. 

"Apa yang telah dilakukan sudah sangat baik untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam penanggulangan bencana, karena jika terjadi bencana yang dapat menolong masyarakat adalah diri mereka sendiri lalu aparat yang bertugas" kata Willem.

Pelatihan ini memiliki letak strategis. Jika mengingat kejadian tahun 2015, kebakaran hutan dan lahan gambut mengakibatkan kerugian ekonomi mencapai 221 triliun. Karena asap akibat Karhutla yang melanda Indonesia hingga ke negara tetangga menjadi permasalahan Internasional. 

Selain itu, Kita juga harus menjaga nama baik Indonesia saat ASEAN Games di Jakarta - Palembang. Pada bulan Agustus-September Indonesia sudah memasuki musim kering. "Kita Harris menjaga nama baik Indonesia, jangan sampai terjadi bencana asap saat event berlangsung" ujarnya.

Pesan Kepala BNPB jangan lelah untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan padamkan api secepat mungkin. 

Untuk menarik animo masyarakat luas, acara ini juga dimeriahkan Marching Band, terjun payung oleh 14 penerjun TNI AL, tarian, atraksi silat, paduan suara dan sebagainya dari masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi. (acu).

Sumber:(https://bnpb.go.id/prestasi-keberhasilan-penanganan-karhutla-harus-dipertahankan-di-tahun-2018)


Share this Post