Waspada Hujan Lebat Dalam Beberapa Hari Kedepan

Sumber Gambar :

( SERANG ) - Perkembangan kondisi dinamika atmosfer  wilayah Indonesia menunjukkan adanya indikasi potensi kejadian hujan lebat dalam beberapa hari ke depan, terutama di wilayah Jabodetabek. Hal ini terpantau mulai kemarin malam (27 Februari 2016) hingga  menjelang siang yang merata di wilayah Jabodetabek dengan intensitas hujan sedang hingga sangat lebat, sehingga perlu diantisipasi dalam beberapa hari ke depan dimana akumulasi curah hujan juga akan tinggi. ( Minggu, 28/02/2016 )

Potensi terjadi hujan lebat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain masih aktifnya aliran massa udara dingin dari Utara (monsoon dingin Asia) dan adanya tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah Selatan Jawa yang mengakibatkan terbentuknya daerah pertemuan massa udara dan belokan angin di beberapa lokasi di Indonesia termasuk wilayah Banten dan Jabodetabek.

Selain wilayah Jabodetabek, daerah lain yg berpotensi hujan lebat dlm tiga hari ke depan, antara lain : Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat bagian Timur, Sulawesi Selatan bagian Utara, NTB, NTT dan Maluku bagian Tenggara.

Dengan masih tingginya potensi curah hujan di Indonesia masyarakat dihimbau tetap waspada dan siaga terutama di daerah dataran tinggi/pegunungan untuk mengantisipasi kejadian banjir bandang, lahar dingin, dan tanah longsor serta daerah dataran yang relatif mudah terjadi potensi bencana banjir agar dapat menyiapkan lingkungannya untuk mengurangi dampak bencana yang mungkin terjadi.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam. melalui:

atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. ( Sumber : Dr. Yunus S. Swarinoto - Deputi Bidang Meteorologi – BMKG )


Share this Post