Jambore Relawan Kebencanaan Sebagai Ajang Peningkatan Kapasitas Pelayanaan Kebencanaan

Sumber Gambar :

Pusdalops-Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Banten Nana Suryana bertindak selaku Pembina Upacara Pembukaan Jambore Relawan Kebencanaan Provinsi Banten Mengatakan Salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh Pemerintah khususnya Pemerintah Daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang Badan Penanggulangan Bencana Daerah adalah ketersediaan Sumber Daya Pegawai serta kualitas dari sumber daya Pegawai yang dimiliki. Peningkatan kualitas sumber daya Pegawai menjadi hal yang perlu dan wajib untuk terus dilakukan dengan berbagai macam cara dan kegiatan.

“Tolak ukur keberhasilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dalam memberikan pelayanan terhadap penyelamatan bencana alam dan non bencana alam terletak pada kecepatan dalam merespon laporan dan ketepatan dalam menyusun rencana dan melaksanakan semua prosedur penyelamatan dengan cermat. Untuk itu diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlatih dan senantiasa terjaga kebugaran fisiknya”.

Dengan diadakan Jambore Relawan Kebencanaan ini bertujuan untuk meningkatnya kapasitas Pegawai dan mengasah keterampilan Pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah serta menjalin kerjasama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. ungkap Nana pada Selasa (26/9/2023).

Dalam Kesepatan itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Asep Mulya Hidayatvyang bertindak selaku Ketua Panitia mengungkapkan bahwa dalam Jambore Relawan Kebencanaan ini ada beberapa perlombaan diantara Lomba Bongkar Pasang Tenda, Lomba Evakusi Korban di Air serta Lomba Ketangkasan.

“Jambore Relawan Kebencanaan merupakan ajang untuk menguji kapasitas Pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pegendalian dan evaluasi dalam bertugas serta memastikan keselamatan korban dan aparat yang bertugas”.


Share this Post