kegiatan Peningkatan Kapasitas (Jaringan Komunikasi Penanganan Darurat Bencana)

Sumber Gambar : Sarip Naval

Pusdalops-Pahami informasi apa yang disampaikan kepada masyarakat dan relawan. Mekanisme komunikasi harus dilakukan untuk memastikan penyampaian informasi yang benar dan akurat. hal ini menciptakan keamanan yang sangat baik bagi warga setempat pada umumnya dan bagi keluarga yang tinggal di sekitar wilayah Rawan bencana pada khususnya. Saat terjadi bencana alam, Komuniksdi Radio memudahkan kita untuk  keadaan daerah dan kondisi korban, yang mencari orang yang dicintai, mencari pertolongan, dan mencari pertolongan makan dengan itu BPBD Provinsi Banten Melalui Bidang Kedaruratan dan Logistik Mengadakan kegiatan Peningkatan Kapasitas (Jaringan Komunikasi Penanganan Darurat Bencana) di Bumi Perkemahan Lebakwangi, Kec. Walantaka, Kota Serang pada Senin 25/03/2024

 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Juli Kristanto mengatakan dalam sambutanya bahwa informasi merupakan hal penting yang harus disediakan, khususnya pada saat bencana alam terjadi. Informasi yang cepat dan akurat dapat membantu masyarakat dalam menentukan tindakan di lapangan pada suatu wilayah bencana. 

 

“Kegiatan ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan komunikasi bencana oleh radio darurat sebagai langkah dalam penanggulangan bencana” 

 

Peran radio darurat pada masa tanggap darurat hingga ke pemulihan. dilakukan guna memenuhi hak dasar masyarakat atas informasi serta sebagai langkah untuk mendukung percepatan masa pemulihan yang terjadi di lokasi. Partisipasi dari berbagai pihak dan masyarakat berperan penting pada proses pendiriannya. Karena tanpa berkolaborasi dengan pihak-pihak tersebut, radio darurat tidak akan dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. 

 


Share this Post