Kekeringan di Kecamatan Sobang, BPBD Provinsi Banten Distribusikan Air Bersih Untuk Warga Mencapai 30.000 Liter

Sumber Gambar :

Serang-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten pada Selasa 29 Agustus 2023 telah mendsitribusikan sekitar 30.000 liter air bersih untuk warga di Desa Bojen Kecamatan Sobang-Kabupaten Pandeglang yang terdampak kekeringan. Penyaluran air bersih tersebut bakal tetap berlangsung seiring kekeringan yang diperkirakan terjadi hingga Oktober 2023

”Dari awal bulan sampai sekarang, sudah 28 tangki air disalurkan ke warga terdampak,” ucap Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Banten Juli Kristanto, Rabu (30/8/2023).

Dengan kapasitas 5.000 liter air per tangki, jumlah air bersih yang didistribusikan mencapai 150.000 liter. ”Ini belum termasuk penyaluran air oleh instansi lainnya, seperti kepolisian dan PMI (Palang Merah Indonesia). Kami menyalurkan ke desa yang mengajukan bantuan air bersih,” ucapnya.

Diketahui, fenomena El Nino yang terjadi saat ini melanda sebagian besar wilayah di Indonesia. Fenomena cuaca ini terjadi akibat peningkatan suhu permukaan air laut di Samudra Pasifik Tengah dan Timur yang menjadi lebih hangat dari biasanya. Fenomena alam ini menyebabkan perubahan pola cuaca global yang berdampak signifikan pada iklim di berbagai wilayah di dunia, termasuk di Indonesia.


Share this Post