Keluarga Tangguh Bencana (KATANA) Merupakan Mikromoskos Dari Penanggulangan Bencana

Sumber Gambar :

Rabu (14/6) Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Banten Nana Suryana, membuka Kegiatan Pelatihan Kelurga Tangguh Bencana di Aula Kecamatan Maja Kabupaten Lebak mengatakan mendorong peningkatan ketangguhan bencana dan ketahanan terhadap bencana dengan konsep Keluarga Tangguh Bencana (Katana).  Keluarga Tangguh Bencana (Katana) merupakan mikromoskos dari penanggulangan bencana, dalam konteks bencana, keluarga menjadi fokus inti. Dimana keluarga harus memiliki pengetahuan tentang ancaman dan risiko bencana, cara menghindari dan mencegahnya, serta keluarga harus sadar bahwa mereka tinggal di wilayah rawan bencana dan selalu siap siaga.

Dalam menanggulangi bencana tersebut perlu keterlibatan, peran serta partisipasi dari masyarakat tesebut agar dapat mengantisipasi ketika akan terjadi bencana dan mengetahui tindakan apa saja yang harus dilakukan ketika pra bencana, pada saat terjadi bencana dan pasca bencana sehingga masyarakat dapat memeinimalisir dampak dari bencana banjir.

Kemudian. Lanjutanya, Dalam menanggulangi bencana tersebut perlu keterlibatan, peran serta partisipasi dari masyarakat tesebut agar dapat mengantisipasi ketika akan terjadi bencana dan mengetahui tindakan apa saja yang harus dilakukan ketika pra bencana, pada saat terjadi bencana dan pasca bencana sehingga masyarakat dapat memeinimalisir dampak dari bencana banjir serta bencana lainya.


Share this Post