Kesiapsiagaan Terhadap Bencana Gempa dan Tsunami

Sumber Gambar :

Pusdalops- Rapat kesiapsiagaan ini sebagai bentuk latihan koordinasi, komunikasi dan evakuasi dengan melibatkan Pentahelix. Yang akan terlibat mensimulasikan situasi bencana sesungguhnya menggunakan skenario bencana yang dibuat mendekati kondisi nyata. serta digunakan untuk membangun dan menyempurnakan sistem kesiapsiagaan sekaligus meningkatkan ketrampilan dalam koordinasi serta pelaksanaan operasi penanggulangan bencana yang di selengarakan oleh Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten di Aula Rapat Pusdalops BPBD Provinsi Banten. Pada Senin 13/11/2023

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Banten Asep Mulya Hidayat dalam sambutanya mengungkapkan bahwa Kesiapsiagan itu harus melakukan dengan berbagai hal seperti mensiapkan peta evakuasi tsunami, serta pengetahuan akan kewaspadaan serta memberi informasi terus terhadap bencana akan kesiapan masyarakat dalam menghadapinya.

"Rutinitas kewaspadaan yang harus dijaga dalam menghadapi bencana yang akan terjadi maka itu berupaya akan kesiapan kita dalam menghadapi bencana tersebut," tuturnya menegaskan di akhir sambutannya.

Asep Menambahkan bahwa Setiap orang mempunyai risiko terhadap potensi bencana, sehingga penanganan bencana merupakan urusan semua pihak. Oleh karena itu, perlu dilakukan berbagi peran dan tanggung jawab semua pihak dalam peningkatan kesiapsiagaan di semua tingkatan dari anak, remaja, dan dewasa guna menumbuhkan kesadaran kesiapsiagaan bencana.


Share this Post