Pelatihan Keluarga Tanggap Bencana Alam di Kelurahan Gaga

Sumber Gambar :

Pusdalops-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten melaksanakan Kegiatan Pelatihan Keluarga Tanggap Bencana Alam tahun 2023 di Kelurahan Gaga Kecamatan Larangan Kota Tangerang ini diharapkan nanti peserta pelatihan sudah mendapatkan informasi dalam hal tanggap Bencana Alam, bisa menjadi agen informasi terhadap masyarakat yang lainnya. pada Selasa 31/10/2023
Ketua Komisi V DPRD Provinsi Banten Dr. Yeremia Mendrofa mengungkapkan bahwa  Kunci dari keluarga tanggap bencana (KATANA) adalah adanya partnership/kemitraan antar lintas sektor. Katana bukan hanya milik bpbd tetapi program bersama baik di dari pemerintahan maupun pemangku kepentingan lainnya.

Ada tiga tahapan dalam KATANA “Sadar risiko bencana mengetahui dan sadar akan risiko bencana dilingkungannya serta mengetahui dan memperkuat struktur bangunan paham manajemen bencana, edukasi bencana dan mampu menyelamatkan diri sendiri keluarga dan tetangga".

Hal senada diungkapkan oleh Sekretaris BPBD Provinsi Banten Heri Yulianto Keluarga memiliki peran penting dalam pengurangan risiko bencana karena keluarga adalah struktur masyarakat terkecil pertama yang memberikan sosialisasi kepada setiap anggotanya. Keluarga dapat memberikan sosialisasi pendidikan bencana sejak dini terutama kepada anak-anak dan remaja.

“Katana harus melibatkan kelompok rentan, anak-anak, ibu hamil, lansia dan perempuan, harus dimulai dari keluarga untuk ketangguhan dalam menghadapi bencana”ibuhnya


Share this Post