Pengenalan Teknis Peralatan Penanggulangan Bencana

Sumber Gambar : Sarip Naval

Puasdalops-Dalam Mendukung peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur dalam Penanganan Keadaan Darurat Bencana BPBD Provinsi Banten menyelenggarakan Kegiatan Peningkatan Kapasitas Peralatan Kebencanaan, yang diselengerakan di Pantai Batu Saung Kawasan Wisata JL. Raya Karang Bolong, Km. 138, Kp. Teneng Desa Cinangka, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang. Pada Kamis 04/07/2024

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Juli Kristanto mengungkapkan bahwa Peningkatan kapasitas sangat diperlukan, menangani bencana ialah urusan kemanuasiaan, menangani bencana adalah urusan menyelamatakan nyawa dan dengan memiliki kemampuan dalam Penyelamatan dan Evakuasi serta memahami peralatan kitab bisa menyelamatkan orang. Jangan biarkan kesempatan kita untuk membantu orang lain hilang, jangan sampai kita tidak bisa membantu dan mereka menjadi korban karena kita tidak punya kemampuan, jadi pastkan kita mempunyai kemampuan untuk itu.

“Kegiatan peningkatan kapasitas harus dilakukan evalusi setiap waktu terhadap personel. Alat-alat yang ada di daerah harus dibiasakan untuk digunakan dan dilatih agar terbiasa,” tutupnya.

Pertemuan ini dihadiri oleh 80 peserta yang terdiri dari peserta BPBD Kabupaten/Kota sebanyak 64 orang, peserta dari Relawan 16 peserta. Kegiatan Peningkatan Kapasitas Peralatan Kebencanaan penanggulangan Bencana ini dilakukan diluar ruangan berupa praktek pengoprasian perahu karet dan penegnalan peralatan selam.

Diharapkan dari kegiatan ini peserta mampu mengikuti pelaksanaan kegiatan dengan baik dan menguasai materi yang disampaikan oleh para narasumber dan instruktur lapangan. Setelah selesai mengikuti kegiatan peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh ke tempat tugas sesuai bidang masing-masing.


Share this Post