Peran Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana

Sumber Gambar :

Pusdalops-Peran Serta Masyarakat adalah proses keterlibatan masyarakat dalam perselenggaraan pelaksanaan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu, terkoordinasi, dan menyeluruh dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman risiko. Dan dampak bencana. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Banten menyelenggarakan Kegiatan Penyusunan Peraturan Tentang Peran Masyarakat dalam Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana di Provinsi Banten. Rabu 15/11/2023

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten Heri Yulianto dalam sambutanya menjelaskan bahwa peran serta masyarakat dalam penanggulangan bencana merupakan perwujudan hak dan kewajiban masyarakat mendapat perlindungan dan kehidupan sosial yang harmonis, rasa aman, pendidikan, pelatihan dan keterampilan, informasi, pengambilan keputusan berkaitan dengan diri dan komunitasnya, melakukan pengawasan sesuai dengan mekanisme yang diatur dalam pelaksanaan penanggulangan bencana, memberikan informasi yang benar kepada publik serta melakukan kegiatan penanggulangan bencana yang bertujuan untuk menjamin terselenggaranya pelaksanaan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu, terkoordinasi, dan menyeluruh dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman risiko dan dampak bencana.

"Masyarakat harus menyiapkan diri menghadapi bencana, termasuk pengetahuan terkait kebencanaan juga peralatan kegawatdaruratan. Simulasi bencana harus dilakukan berulang-ulang agar pada saat terjadi bencana resiko bencana yang diterima semakin rendah karena masyarakat sudah paham apa yang harus dilakukan," ungkapnya.

Lanjut Heri, peran masyarakat itu terlibat pada pra bencana, saat bencana, dan pascabencana. Pada saat pra bencana peran masyarakat antara lain Berpartisipasi pembuatan analisis risiko bencana, Melakukan penelitian terkait kebencanaan, Melakukan upaya pencegahan bencana, Bekerjasama dengan pemerintah dalam upaya mitigasi, Mengikuti pendidikan, pelatihan dan sosialisasi penanggulangan bencana  Bekerjasama mewujudkan Keluarga Tangguh Bencana.

Adapun peran masyarakat pada saat bencana antara lain Memberikan informasi kejadian bencana ke BPBD atau Instansi terkait, Melakukan evakuasi mandiri, Melakukan kaji cepat dampak bencana, dan  Berpartisipasi dalam respon tanggap darurat sesuai bidang keahliannya. Sementara itu peran masyarakat pada saat pascabencana Berpartisipasi dalam pembuatan rencana aksi rehabilitasi dan rekonstruksi, dan  Berpartisipasi dalam upaya pemulihan dan pembangunan sarana dan prasarana umum.


Share this Post