Provinsi Banten Waspada Dampak Cuaca Ekstrem

Sumber Gambar :

Senin (19/6)  Pemerintah Provinsi Banten Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten melaksanakan Rapat  Mitigasi dan Antisipasi terhadap dampak El Nino di wilayah Provinsi Banten di Ruang Rapat Aula Lantai 2 Setda Provinsi Banten.

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten Virgojanti mengungkapkan, Dinas Pertanian Provinsi Banten juga menyiapkan Tim Brigade Pompa untuk beberapa daerah rawan kekeringan. Tim ini utamanya ditujukan untuk daerah pertanian yang rawan kekeringan di Wilayah Banten Selatan. Tujuannya, agar tetap terjaga kebutuhan air lahan pertaniannya.

Masih menurut Virgojanti, adanya fenomena tersebut, musim kemarau tahun ini diperkirakan bakal lebih kering dari tahun sebelumnya. Sejumlah dampak yang muncul imbas dari kekeringan karena musim kemarau di Provinsi Banten di antaranya krisis air bersih, kebakaran lahan dan hutan.

Rapat terkait dengan penyusunan rencana aksi daerah berkaitan dengan gejala ekstrim El Nino,dihadiri oleh berbagai pihak terdiri dari BMKG, Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Banten dan BPBD se Banten juga kita undang serta para pengelola Wilayah Sungai juga.

upaya kita dalam mengantisipasi risiko bencana El Nino bisa terantisipasi  dengan baik itu dari sisi bidang pertaniannya  kemudian juga dari sisi kebakaran hutan dan  lingkungan.

kemudian juga kita antisipasi bila terjadi juga cuaca yang hujan terus-menerus yang berkaitan  dengan bencana banjir  rencana aksi  ini sudah kita susun  dan mudah-mudahan kita gunakan sebagai upaya kesiapan Provinsi Banten dalam menghadapi resiko bencana  Ekstrim  El Nino.


Share this Post