Sosialisasi, Komunikasi, Informasi dan Edukasi Rawan Bencana Tsunami

Sumber Gambar : Sarip Naval

Pusdalops-Dalam rangka Sosialisasi Komunikasi Informasi dan Edukasi Rawan Bencana Tsunami di Wilayah Provinsi Banten, Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Banten melaksanakan Komunikasi Informasi dan Edukasi bagi Wilayah Kabupaten dan Kota yang rawan bencana Tsunami yang dilaksanakan di Dewiza Hotel & Convention Hall Jl. Syekh Moh. Nawawi Albantani No.20, Banjarsari, Kec. Cipocok Jaya, Kota Serang. Pada Selasa 05/03/2024

Analis Kebencanaan Ahli Muda Jumena Sukmawijaya mengatakan bahwa Terdapat tiga jenis pelayanan dasar dalam penanggulangan bencana yang wajib disediakan oleh pemerintah daerah kepada setiap warga negara secara minimal, dalam kegiatan KIE ini ada 4 (empat) Narasumber dari Ketua Komisi V DPRD Banten, BMKG, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi serta BNNP Banten.

“Pelayanan informasi rawan bencana, Pelayanan pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencanadan Pelayanan penyelamatan dan evakuasi korban bencana”.

Lanjut Sukma bahwa pelayanan informasi bagian wilayah kabupaten/kota rawan bencana secara terperinci berbasis kajian risiko bencana kepada warga yang berada di kawasan rawan bencana dan yang berpotensi terpapar bencana. Salah satu layanan yang dilakukan adalah melakukan sosialisasi, komunikasi, informasi dan edukasi rawan bencana yaitu untuk lebih memahami berbagai ancaman bencana yang ada di wilayahnya, bagaimana cara mengurangi ancaman (hazards) dan kerentanan (vulnerability) yang dimiliki, serta meningkatkan kemampuan (capacity) dalam menghadapi ancaman/dampak bencana.

Dalam hal pelayanan pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana, serangkaian kegiatan pra bencana melalui pencegahan, mitigasi, dan kesiapsiagaan pemerintah daerah dan warga negara dalam menghadapi bencana. Salah satu layanan yang dilakukan adalah pelaksanaan gladi kesiapsiagaan bencana bagi warga negara dalam bentuk simulasi dan gladi lapang sesuai dengan Rencana Penanggulangan Bencana dan Rencana Kontinjensi yang telah disusun. Kata Sukma

Mengenai Kelembagaan kebencanaan di Provinsi Banten terjalin Kerjasama antar Lembaga dan Kemitraan dalam Penanggulangan Bencana tingkat Kabupaten dan kota  dalam pilar kebencanaan (kolaborasi Phenta helix) diantaranya yaitu : Pemerintah, Masyarakat, Dunia Usaha, Akademisi dan Media.


Share this Post