Sosialisasi, Pendampingan, dan Simulasi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB)

Sumber Gambar : Sarip Naval

Pusdalops-BPBD Provinsi Banten memberikan sosialisasi, pendampingan dan simulasi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di SMA Negeri Cahaya Madani Banten Boarding School. Kegiatan ini dihadiri oleh fitron Nur Ikhsan DPRD Banten, Hery Yulianto Sekretrais BPBD Provinsi Banten dan Jumena Sukmawijaya Analis Kebencanaan Ahli Muda beserta jajaran. Pada Kamis 13/06/2024

Sekretaris BPBD Provinsi Banten Hery Yulianto mengatakan bahwa Kegiatan ini merupakan agenda yang berkelanjutan. Setelah kegiatan sosialisasi ini, SMA Negeri Cahaya Madani Banten Boarding School untuk membentuk tim siaga bencana, SOP tanggap bencana, simulasi terhadap SOP yang telah dirancang, serta pembuatan media KIE seperti poster, mading, video interaktif, dan sebagainya.

Lanjut Hery bahwa keberhasilan program SPAB bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. Melainkan juga diperlukan peran serta masyarakat dalam memberikan motivasi pelatihan. Sebab, sosialisasi SPAB menjadi sebuah program penting dalam mengurangi resiko bencana, baik meliputi pencegahan maupun penanggulangan bencana.

“Seperti yang kita ketahui Bersama, SPAB bertujuan meningkatkan kemampuan sumber daya, melindungi investasi satuan pendidikan, meningkatkan kualitas sarana prasarana, menciptakan sausana aman pada peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, serta untuk keberlanjutan dalam kegiatan pendidikan sebagai dukungan dalam pengurangan risiko bencana,” jelasnya.

Materi yang diberikan berupa sosialisasi dan simulasi terkait gempa bumi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan simulasi bencana bagi tenaga pendidik dan peserta didik di lingkungan sekolah.

 


Share this Post